Review Aplikasi Grab

 



Sejarah Singkat Aplikasi Grab

Grab merupakan sebuah aplikasi ojek online di smartphone yang sangat membantu ketika saya ingin berpergian ke suatu tempat dan membutuhkan ojek/taksi , saya tidak perlu lagi mendatangi pangkalan ojek ataupun menunggu taksi di pinggir jalan, cukup memesannya melalui aplikasi Grab dan menunggunya datang.

Pada tahun 2012 Grab didirikan oleh Anthony Tan dan Tan Hoi Ling. Awalnya , ide berdirinya Grab ini muncul ketika Anthony Tan masih menjadi mahasiswa  di Harvard Business School , ia sering mendengar keluhan temannya tentang layanan taksi di Malaysia yang sangat buruk seperti salah rute dan tarif yang begitu mahal.

Dari keluhan temannya itu,Anthony Tan memutuskan untuk menjadikan masalah ini sebagai tugas akhir dari studinya. Ia mempresentasikan proyek ini di hadapan profesor pengajarnya Tidak disangka , proyek milik Anthony Tan menjadi juara kedua pada Business Plan Contest yang diadakan oleh Harvard Business School.

Akhirnya, ia bekerja sama dengan temannya yang bernama Tan Hoi Ling. Mereka membuat aplikasi dengan nama Myteksi yang dirilis di Malaysia pada tahun 2012. Aplikasi ini juga dikenal dengan nama Grab Taxi. Seiring berjalannya waktu , Grab melebarkan sayapnya ke beberapa negara di kawasan Asia Tenggara yaitu Filipina , Singapura , Thailand , Vietnam , dan Indonesia.

Fungsi dan Tujuan Aplikasi Grab

Saat ini, masyarakat bisa dibilang sangat sulit untuk jauh dari gadget dan lebih memilih jalan keluar yang lebih praktis untuk menyelesaikan masalah. Salah satu masalahnya ialah ketika saya ingin berpergian jauh dan sangat malas untuk mencari angkutan umum di jalan raya.Masalah ini sangat berhubungan dengan tujuan dari aplikasi Grab itu sendiri yaitu untuk memudahkan masyarakat dalam mencari ojek antar jemput kemanapun secara online . Kemudahan inilah yang menjadi daya tarik masyarakat untuk mengunggah aplikasi Grab. Tidak hanya memudahkan dalam mencari ojek saja, banyak sekali manfaat yang bisa saya dapatkan dari aplikasi ini seperti mengantar barang dan membeli makanan. Para driver Grab pun juga memiliki pelayanan yang sangat baik karena kepuasan pelanggan sangat penting dalam menjaga hubungan antar driver dan customer.

Manfaat dari Aplikasi Grab

Dalam aplikasi Grab bukan hanya menyediakan layanan transportasi dan akomodasi saja, melainkan juga tersedia layanan bidang-bidang yang lainnya . Adapun beberapa layanan tersebut adalah :

1. Grab Bike

Grab Bike merupakan layanan ojek online yang menggunakan motor sebagai alat transportasinya. Layanan ini biasa digunakan ketika ingin berpergian dengan jarak yang cukup dekat. Tarifnya pun juga terjangkau dibandingkan dengan ojek pengkolan.

2. Grab Car

Grab Car merupakan layanan ojek online yang menggunakan mobil sebagai media transportasinya, sama halnya dengan Grab Bike, yang membedakan hanya media transportasinya. Biasanya ketika saya ingin berpergian dengan jarak yang jauh atau mengharuskan lewat jalan tol, saya akan memesan Grab Car dengan tarif yang cukup terjangkau.

3. Grab Food

Layanan yang ini bukan layanan ojek/taksi online lagi , melainkan layanan pesan antar makanan. Banyak sekali warung ataupun restoran yang terdaftar di dalam Grab Food. Saya tinggal memilih menu yang ada dan akan diantarkan pesanannya.

4. Grab Mart

Grab Mart adalah layanan yang bisa saya gunakan untuk membeli barang atau produk yang ada di berbagai toko atau supermarket. Di masa sekarang ini saya terkadang malas untuk ke supermarket, membeli satu roti saja pun saya lebih memilih memesannya secara online padahal harga nya lebih mahal karena ditambah dengan tarif ongkir.

5. Grab Express

Grab Express merupakan layanan yang dapat membantu saya dalam mengantar barang. Misalnya, ketika saya berjualan barang dan ada yang membeli, saya bisa menggunakan Grab Express untuk mengantarkan barang tersebut pada hari itu juga.

6. Grab Top Up

Grab Top Up memiliki berbagai layanan seperti membeli pulsa, membayar token listrik , membeli voucher game sehingga saya tidak perlu lagi ke konter pulsa, hanya melalui gadget saya bisa membelinya lebih cepat.

7. Grab Health

Grab Health merupakan layanan yang disediakan oleh Grab di bidang kesehatan. Apabila saya sedang sakit atau ingin membeli obat , saya bisa konsultasi dengan dokter yang ada di Grab Health. Dokter akan memberikan solusi dan resep obat yang praktis.

8. Grab Clean & Fix

Grab Clean & Fix adalah layanan jasa kebersihan yang professional untuk rumah , kantor , kamar. Selain itu , bisa juga untuk memperbaiki AC yang rusak.

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Grab

Grab merupakan salah satu aplikasi ojek online yang banyak digemari masyarakat karena memiliki beberapa kelebihan antara lain :

1. Banyak promo yang menarik

Grab sering kali menawarkan promo atau potongan yang lumayan besar . Mulai dari promo tarif ojek ataupun promo makanan di Grab Food . Biasanya jangka waktu promo yang diberikan juga lumayan lama sehingga saya tidak perlu khawatir kelewatan promonya.

2. Pengemudi mudah didapat dan tidak lama

Pada dasarnya , saya menginginkan sampai ke tempat  yang ingin saya tuju dengan cepat. Maka dari itu, tepat sekali untuk saya menggunakan Grab karena saya tidak perlu menunggu lama pengemudi untuk menjemput.

3. Metode pembayaran yang mudah

Grab memberikan kemudahan dalam metode pembayaran. Saat ini , saya tidak harus membayar dengan uang tunai. Dalam aplikasi ini , saya bisa membayarnya melalui non tunai yaitu saldo OVO. Sebelum membayar menggunakan OVO , saya harus mengaktifkan OVO terlebih dahulu di dalam aplikasi agar bisa digunakan.

4. Pengemudi yang ramah dan sopan

Terkadang penumpang sering mengeluh terhadap pengemudi yang tidak sopan.Salah satu elemen penting dalam layanan transportasi adalah pengemudi yang ramah dan sopan agar penumpang senang ketika berada di perjalanan. Kepuasan penumpang pasti menjadi aspek terbesar dalam kesuksesan sebuah layanan transportasi.

Di samping kelebihannya , pastinya Grab juga memiliki beberapa kekurangan , diantaranya :

1. Harus menggunakan jaringan internet

Sewaktu – waktu ketika saya ingin pergi ke suatu tempat , saya lupa kalau tidak memiliki paket internet. Alhasil saya harus membelinya dulu ke konter pulsa atau malah saya terpaksa memilih untuk mencari angkutan umum di jalan.

2. Pencarian lokasi tujuan yang sulit

Ketika saya ingin menuju ke rumah teman yang berada di gang, sangat sulit mencari nama lokasi di dalam aplikasinya. Bahkan , tempat yang berada di jalan besar pun juga terdapat beberapa lokasi yang sulit dicari.

3. Tarif yang mahal pada jam sibuk

Ketika saya ingin berpergian pada jam sibuk seperti jam berangkat kerja atau pulang kerja, biasanya tarif lebih mahal dari biasanya. Terkadang yang awalnya hanya Rp10.000 bisa menjadi Rp17.000. Hal ini akhirnya menjadi salah satu pertimbangan saya apakah harus memaksa untuk tetap berangkat atau menunggu sampai tarif kembali normal.

 

Itulah penjelasan dan review singkat dari saya mengenai aplikasi Grab , semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua yang membaca . Berikan komentar dan saran agar dapat meningkatkan kualitas penulisan artikel yang saya buat. Terima kasih… 😊


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Karya Sastra Tema Kematian